loading...

6 Kiat Agar Puasa Tetap Fit dan Gak Lemas

loading...
Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan, hal yang sering dirasakan oleh kaum muslimin yang menjalankannya adalah rasa lemas pada tubuh. Sebenarnya rasa lemas, lunglai, lesu, letih dan lemah hal yang wajar dalam berpuasa. Karena tubuh yang biasanya mendapatkan asupan gizi kini tidak mendapatkan asupan makanan seperti biasanya.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir agar rasa lemas tidak begitu terasa saat melaksanakan ibadah puasa ada beberapa tips ynag perlu diperhatikan saat sahur maupun saat sedang berpuasa. Apa saja kiat yang harus dilakukkan agar tidak lemas dalam berpuasa. Berikut liputannya.

1. Makan Makanan Yang Berserat
Ketika sahur, perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Selain sayur, makanan kaya serat juga terdapat pada gandum utuh, beras merah dan kacang-kacangan. Serat mampu mengikat air dan membuat efek perut kenyang lebih lama karena cenderung lambat diproses oleh tubuh, sehingga Anda tak mudah merasa lapar.

2. Tambah Asupan Protein

Protein juga penting sebagai cadangan energi ketika anda berpuasa. Protein dari ikan, ayam, telur atau tahu juga lama dicerna oleh tubuh yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kekurangan konsumsi protein, bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu sehingga ibadah puasa menjadi tidak maksimal.

3. Lemak Sehat
Tidak semua lemak buruk untuk tubuh. Dalam jumlah yang cukup, lemak sebenarnya diperlukan oleh tubuh agar organ-organ bisa berfungsi dengan baik. Lemak sehat, atau kata lainnya HDL penting bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Lemak juga berperan penting menyediakan cadangan energi. Lemak sehat bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa dan buah berlemak seperti alpukat.

4. Kurangi Konsumsi Garam
Kurangi konsumsi garam Anda ketika sahur. Banyak makan makanan tinggi garam akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi. Saat dehidrasi, Anda akan merasa sangat haus sehingga ibadah puasa seakan berlangsung sangat lama.

5. Olahraga Yang Cukup
Puasa, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Aktivitas fisik justru penting dilakukan untuk mendukung kebugaran tubuh saat puasa. Olahraga, akan membuat tubuh Anda bugar sepanjang hari. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti jalan sehat, lari-lari kecil atau bersepeda keliling kompleks rumah setelah sahur atau seusai taraweh.

6. Cukup Minum Air
Dokter Gizi Johannes Chandrawinata, SpKG, menyarankan untuk meminum sedikitnya empat gelas air putih ketika sahur agar metabolisme pencernaan berfungsi dengan baik, meskipun pola makan jadi berbeda karena puasa. Dalam sehari, disarankan meminum sekitar dua liter air putih secara bertahap, jangan sekaligus.

Ditambahkan pakar gizi Profesor Dr. Hardinsyah, MS, "Dua gelas diminum sebelum dan setelah makan sahur."

Itulah beberapa kiat agar puasa anda terasa nikmat dan khusuk dengan tubuh yang lepas dari rasa lemas dan letih.
loading...