loading...

Tips Membedakan Beras Asli dan Plastik Sebelum dan Sesudah di Masak

loading...
Ramainya perbincangan dikalangan masyarakat tentang isu adanya beras palsu atau beras plastik, turut menimbulkan keresahan bagi masyarakat Indonesia. Terutama kalangan Ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya harus memberikan makanan yang baik dan sehat untuk suami dan anak-anaknya. Apalagi bag ibu-ibu yang kurang mememahami yang mana beras asli dan yang mana beras yang tiruan.

Sebenarnya, untuk membedakan beras asli dan plastik sangat mudah sekali jika anda memperhatikannya secara seksama, mulai dari tekstur, bentuk dan warnanya pun sedikit berbeda. Tetapi bagimana jika sudah dimasak, apakah bisa di bedakan juga? Tentu bisa dibedakan. Oleh sebab itu, berikut disajikan cara membedakan beras asli atau plastik sebelum dan sesudah dimasak.
  1. Perhatikan dari bentuknya, beras plastik memiliki bentuk yang lebih mulus dan bagus dibanding beras asli yang terkadang terlihat pecah-pecah dan mudah gompal.
  2. Penampilan fisik beras plastik polos dan bening, bahkan hampir mirip seperti kaca. Sedangkan beras asli terlihat berwarna putih susu di tengah-tengahnya.
  3. Dari teksturnya beras palsu lebih keras dan beras asli apabila di gigit akan mudah patah.
  4. Cara selanjutnya jika anda bingunu coba ambil strika yang sudah dipanaskan atau yang sudah dialiri dengan listrik. Gilas beras dengan setrika, jika beras lengket berati beras plastik, begitupun sebaliknya, jika beras tidak lengket maka bukan beras plastik.
  5. Jika beras sudah di masak dan menjdai nasi, maka nasi normal yang biasa kamu olah menjadi bubur biasanya akan mengental dan menyatu ketika kondisinya sudah dingin. Tapi perhatikan dengan benar-benar seksama, ketika bubur dari beras plastik mendingin, dia akan berbentuk seperti buliran menggumpal seolah belum matang.
  6. Saat ditanak, beras normal akan menyerap air sehingga bentuknya mengembang. Sebaliknya, beras plastik malah mengeluarkan banyak air.
  7. Saat dimakan, beras plastik terasa aneh. Nasinya akan terasa sangat sintetis dan tidak alami.
Itulah beberapa petunjuk untuk membedakan beras asli atau palsu. Tetaplah waspada, karena kejahatan manusia bisa terjadi kapan saja dan berupa apa saja. Tetap berusaha untuk menjaga keluarga anda. Karena sehat itu mahal.
loading...