loading...

Dampak Sering Mandi Malam dan Manfaatnya

loading...
Terlalu sering mandi di malam hari ternyata membarikan dampak yang kurang baik bagi tubuh anda. Memang sich sebenarnya mandi di malam hari karena faktor aktifitas yang dilakukan seseorang karena kebutuhan hidup mereka. Misalkan pulang kerja sudah larut malam, habis olah raga, dan aktifitas harian lainnya. Tentu membuat tubuh tidak enak jikalau tidak mandi. Keringat dan rasa lengket pada badan akan membuat aktifitas di malam hari akan terasa kurang enak bahkan bisa juga menimbulkan stress


Perlu anda ketahui, mandi di malam hari jika anda lakukan secara kontinyu akan memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan anda. Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat keseringan mandi di malam hari? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Menyebabkan Rematik

Reumatik adalah penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, yang  akan mengakibatkan nyeri pada diri seseorang.

Penyebab reumatik sendiri belum terlalu jelas, menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang telah bersia produktif.

Adapun gejala reumatik itu sendiri adalah sebagai berikut :
Nyeri pada persendian
Terdapat warna kemerahan pada sendi
Daerah persendian terasa hangat saat diraba
Sendi kaku saat pagi hari
Menurunnya fungsi bagian persendian yang terkena

Jika anda adalah penderita reumatik sebaiknya pada malam hari mandi menggunakan air hangat. Karena air yang dingin dapat memperparah penyakit anda.

2. Menyebabkan Penuaan Dini

Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. Sehingga mandi malam dapat menyebabkan penuaan dini

3. Menyebabkan Paru Paru Basah

Mitos ini juga tidaklah benar. Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Penderita biasanya mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, hingga badannya menggigil.

Adapun beberapa gejala dari penyakit ini adalah :
Pada manusia berusia diatas 65 tahun, suhu tubuh akan lebih rendah dari suhu normal.
Penderita mengalami batuk berdahak
Terasa nyeri pada dada saat bernafas dan batuk
Sesak nafas (asma)
Demam
Tingkat kelelahan yang tinggi
Pusing
Mual diikuti muntah-muntah
Diare

Penyakit ini tidak bisa sembuh dalam waktu yang lama. Gejala paru-paru basah ringan mirip dengan penderita flu dan batuk biasa.

4. Menyebabkan Asam Urat


Dapat mengakibatkan serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya terjadi karena banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan ginjal tak mampu menampung ataupun membuang zat tersebut.

Adapun gejala penyakit ini adalah :
Persendian terasa ngilu,
nyeri,
bengkak dan kemerahan.

Apalagi di pagi dan malam hari. Frekuensinya sangat sering terjadi. Dan bagi yang sudah parah, maka saat menggerakkan anggota badan akan terasa sakit sekali. Biasanya penyakit ini menyerang sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, serta pergelangan tangan. Jika anda mengalami penyakit ini, sebaiknya juga menghindari bahaya kopi.

Pencegahan

Cara pencegahannya adalah dengan menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin seperti kacang-kacangan, jeroan, sea food, makanan dalam kaleng, dan makanan yang mengandung zat purin lainnya.

Jadi yang perlu digaris bawahi adalah bahwa mandi malam bukanlah penyebab dari berbagai macam penyakit di atas.

5. Menyebabkan Metabolisme Tubuh Terganggu

Ketika anda mandi malam, maka anda harus berhati-hati karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, mengapa bisa demikian ? hal ini dikarenakan ketika malam hari, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.

6. Menyebabkan Masuk Angin dan Demam

Malam hari adalah waktunya tubuh beristirahat, mandi malam hari ternyata beberapa juga dapat menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Terutama jika suhu tubuh anda saat mandi masih tinggi dan panas.

Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya anda menghindarinya. Hal ini disebabkan jika tubuh “panas” kita disiram air dingin pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan membuat badan panas dan dingin seperti demam.

7. Menyebabkan Pada Nyeri Otot

Tidak sedikit orang yang mandi malam hari merasakan nyeri otot, hal ini disebabkan karena air dingin pada malam hari seperti merasuki tubuh melalui pori pori tubuh.

Manfaat Mandi Malam

Jangan anda menganggap bahwa mandi pada malam hari akan selalu berdampak negatif bagi kesehatan anda. Tetapi ada beberapa manfaat yang harus anda ketahui dari mandi malam itu sendiri. Jangan terlalu sering untuk mandi di malam hari. Berikut beberapa manfaat mandi pada malam hari:
  1. Dapat mengembalikan kondisi fisik dan emosi. Setelah beraktivitas seharian, tentu badan akan terasa lelah dan kadang stress pun melanda. Dengan mandi maka tubuh akan kembali segar karena toksin-toksin didalam tubuh bisa keluar.
  2. Mencegah insomnia ( gangguan tidur). Jika selepas beraktifitas, badan kita akan terasa lengket oleh keringat, dan itu bisa berakibat kita susah untuk beristirahat di malam hari. Dengan mandi, maka rasa lengket di badan akan hilang, dan kita bisa tidur dengan nyenyak tanpa gangguan rasa gatal ataupun lengket di badan.
  3. Dengan mandi dapat memberikan ketenangan.
  4. Dapat menurunkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi dianjurkan untuk sering-sering mandi di malam hari.
Dibalik mitos-mitos yang ditemukan di kalangan masyarakat, sebaiknya kita lebih bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai kita dianggap tidak mau mendengarkan nasihat orang lain. Karena walaupun kebanyakan mitos, tetapi terkadan memang benar hal itu bisa terjadi. Apalagi seseorang yang telah memiliki bibit penyakit, misalkan penyait asma. Pada dasarnya orang yang mengidap penyakit asma di larang utuk berada pada kondisi dingin. Apalagi mandi pada malam hari, tentu akan membuat tubuh terasa dingin dan megakibatkan penyakit asma akan kambuh.
loading...