loading...

7 Gedung Tertinggi Di Dunia

loading...
Bangunan atau gedung di dunia ini biasanya dibuat sedemikian rupa dengan tujuan tertentu. Misalkan bangunan terbesar di dunia, atau bangunan terkecil di dunia atau juga bangunan tertinggi di dunia tentu memiliki unsur tersendiri mengapa bangunan dibuat sedemikian rupa. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan ciri khas keberadaan suatu negara.

Berikut 7 gedung tertinggi di dunia.

1. Burj Khalifa 

Lokasi : Dubai, Uni Emirat Arab
Di bangun tahun : 2004
Dibuka tahun : 4 -1-2010 
Ketinggian : 828 m 
Lantai teratas 6.213 m
Jumlah lantai : 160 lantai













Pada saat pembukaannya Burj Khalifa menjadi Gedung tertinggi dari bangunan apapun yang ada di dunia. Dan juga pada saat pembangunannyaBurj Khalifa terus melewati bangunan-bangunan tertinggi lainnya, di antaranya :

Menggeser atau melewati posisi Taipei 101 sebagai Gedung tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada waktu yang sama juga melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga)tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. Rekor lain dari Menara ini adalah mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Dan bangunan dengan paling banyak lantai yaitu160 lantai.

2. Abraj Al-Bait 

Tinggi : 601 m
Lokasi : Mekah,Saudi Arabia
Jumlah lantai : 120 lantai
Tahun pembuatan : 2004-2012
Dibuka tahun : 2012








Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Hal menarik dari menara ini adalah letaknya yang berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram.
Terdapat tujuh menara dengan satu menara yang dinamakan Hotel Tower memiliki ketinggian di atas 6 menara lainnya(tinggi 601m) yang diperkhususkan untuk apartemen, Hotel Tower dijadikan hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini di isi dengan 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain (termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang)Konstruksi Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004 yang lalu, dan secara bertahap-tahap ketujuh menara ini diselesaikan dan yang paling terakhir selesai dari tujuh menara ini adalah menara Maqam.(Bisnis perhotelan yang semakin lama menjadi berkembang di kota ini juga tak terlepas dari banyaknya jamaah haji, oleh karena itu Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang).

3. Taipei 101

Tinggi : 509 m
Lokasi : Taipei, Taiwan
Jumlah lantai : 101
Pembukaan tahun : 31-12-2004










Dalam banyak aspek, gedung ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat Manusia sampai sekarang. memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Dua lift tercepat telah di sediakan oleh Toshiba yang mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63km/jam atau 39 mil/jam) berati mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88,menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi,angin topan maupun gaya geser dari angin.

4. Shanghai World Financial Center

Lokasi : Pudong , Shanghai , Cina
Di bangun tahun : 1997- 2008
Dibuka : 28 Agustus 2009
Tinggi : 494,3 m
Lantai teratas : 474,0 m
Jumlah lantai : 101








Fitur yang paling khas dari desain bangunan ini adalah aperture trapesium di puncak. Desain asli yang ditetapkan aperture yang melingkar, berdiameter 46m, untuk mengurangi tekanan dari tekanan angin, serta berfungsi sebagai subteks untuk desain, karena "mitologi Cina merupakan bumi dengan sebuah persegi dan langit dengan lingkaran ". Namun desain awal ini mulai menghadapi protes dari beberapa orang Cina, termasuk walikota Shanghai, Chen Liangyu, yang menganggap terlalu mirip dengan matahari terbit desain bendera Jepang . Pedersen kemudian mengusulkan bahwa jembatan ditempatkan di bagian bawah aperture untuk membuatnya kurang melingkar. Pada tanggal 18 Oktober 2005.dan yang lebih unik jika di perhatikan bangunan ini menyerupai raksasa pembuka botol.

5.International Commerece Centre

Tinggi : 484 m
Lokasi : West Kowloon , Hong Kong
Dibangun tahun : 2005-2010
Dibuka tahun : 2011
Jumlah lantai : 108














ICC Tower Ini adalah bagian dari Union Square proyek dibangun di atas Kowloon Station. Pembangunan ini dimiliki dan dikembangkan oleh MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties. Saat ini ICC merupakan Gedung tertinggi kelima di dunia dengan tinggi badan, kedua bangunan tertinggi di dunia dengan jumlah lantai, serta menjadi bangunan tertinggi di Hong Kong . 
Nama pembangunan formal adalah Union Square Phase 7 dan nama ICCsecara resmi diumumkan pada tahun 2005.

6. Menara Kembar Petronas

Tinggi : 451,9 m 
Lokasi : Kuala Lumpur, Malaysia
Dibangun tahun : 1992-1998
Dibuka tahun :1988 
Jumlah lantai : 88 lantai














Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat,dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

7. Zifeng Tower

Lokasi : Nanjing, China
Tinggi : 450 m
Selesai dibangun tahun : 2009
Dibuka tahun :2009
Jumlah lantai : 89














Zifeng Tower alias Greenland Pusat-Zifeng Tower atau Menara Greenland Persegi Zifeng, terdiri dari ruang ritel dan kantor di bagian bawah, dan restoran, hotel, dan sebuah observatorium publik dekat bagian atas.

Itulah 7 gedung tertinggi d dunia.
loading...