loading...

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

loading...

Batu Akik, Batu Giok, Batu Cincin kini menjadi buronan dan incaran para pencinta batu. Mereka mengoleksinya mulai dari mencari di pasaran, di mall-mall dan di kios-kios penjual batu tersebut. Batu akik yang asli dan yang palsu hampir sama bentuknya jika dilihat dengan kasat mata. Banyak orang yang tertipu oleh penjual tentang keaslian batu akik ini. 

Jika anda seorang penggemar atau pencinta batu akik, ada baiknya jika anda anda memperhatikan tips berikut ini. Bagaimana memperoleh batu akik yang asli dan yang palsu berikut ini :
 
Ciri-ciri Batu akik Asli :
  1. Jika Batu akik dilekatkan pada pipi maka batu akan terasa dingin maka batu tersebut batu asli.
  2. Jika anda sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak terjadi perubahan warna hangus atau titik meleleh.
  3. Jika batu tersebut di bakar dalam keadaan lama dan berubah warna kecoklatan, saat di usap akan hilang warna coklat tersebut maka batu tersebut asli.
  4. Jika batu cincin dibakar batu akan panas dan kembali cepat dingin dan begitu beda dengan kimia plastik atau kaca aspal, yang akan cukup lama menyimpan panas
  5. Perhatikan serat didalamnya dengan cara menerawang, bila asli serat pada batu nampak seperti retak-retak, karena batu mulia dengan mulus tanpa serat.
  6. Konsultasikan dengan ahli batu permata ataukah mengujinya pada laboratorium guna untuk menguji kandungan batu tersebut.
Ciri-ciri Batu Akik Palsu
  1. Tampak Bening seperti kaca dan tidak terlihat serat-serat alami didalamnya.
  2. Batu Palsu akan lebih ringan untuk batu dengan ukuran yang sama.
  3. Akan terjadi perubahan bila anda membakarnya.
  4. Batu Palsu Akan tergores dan lecet bila terjatuh atau digesekan dengan benda keras.
Demikianlah beberapa cara untuk membedakan batu akik asli dan batu akik palsu. Dan mungkin masih banyak lagi cara untuk melihat batu akik tersebut asli atau palsu.

loading...