loading...

4 Bangunan Berkubah Indah dan Megah

loading...
Bangunan berbentuk kubah sering kita jumpai di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama islam atau muslim. Kubah yaitu sebuah bangunan berbentuk bulat yang memiliki ciri khas diatasnya berbentuk lancip menyerupai kerucut. Selain sebagai simbol dari bangunan terntentu, kubah juga di buat untuk keindahan dan kemegahan bangunan tersebut. Nah, inilah dia bangunan-bangunan berkubah yang indah dan megah.

1. Eden Project, Inggris

Bangunan pertama yang dibangun dengan memiliki kubah di atasnya adalah bangunan yang berasal dari Inggris. Bangunan yang diberinama Eden Project ini dari namanya saja sudah terlihat bahwa bangunan ini adalah bangunan yang mewah dan bagus. Eden Project yang terkenal di Inggris ini adalah sebuah rumah kaca yang terbuat dari sel plastik pada kubahnya dan didirikan dengan adanya rangka besi baja untuk penyokongnya. Seperti hampir semua rumah kaca di dunia, Eden Project ini juga memiliki ketransparansian sehingga akan bisa menambah keindahan bangunan berkubah yang satu ini. Kubah bangunan ini berbentuk segi enam dan segi lima yang jika dilihat dari kejauhan memiliki bentuk yang indah dan membuatnya berbeda dari rumah kaca lainnya.


Dalam bangunan ini juga terdiri dari beberapa tanaman tropis yang terdapat di segala penjuru dunia. Kompleks eden project ini terdiri dari dua buah kandang besar yang tediri dari kubah menyimpan dan menampung berbagai jenis tanaman spesies yang langka dan ditangkarkan dan masing-masing kandang ini berfungsi untuk mengemulsikan alami bioma yang diinginkan. Kubah satu mengemulsi bioma tropis sehingga tanaman yang ada adalah tanaman khas wilayah tropis yaitu seperti pisang, kopi, karet dan bambu raksasa yang juga disesuaikan dengan adanya temperatur tropis di daerah kubah ini, sedangkan kubah yang lain berisi adanya mediteranian bioma sehingga tanaman yang ada juga berasal dari wilayah mediteranian seperti anggur dan buah zaitu yang didukung dengan adanya temperatur yang hangat dan kering.

Tidak hanya di dalam kubah saja yang terdapat sebuah bioma dengan tanaman khasnya, namun juga ada bioma yang ada di luar kubah dan disebut sebagai Outdor Bioma. Di Outdoor Bioma ini, Anda bisa meneukan tanaman yang disesuaikan dengan bioma dunia atau rata-rata temperatur yang ada di dunia dan tanaman yang ada di Outdoor Bioma ini adalah seperti tanaman teh, lavender, hop, rami dan bunga matahari.Tentunya dengan keadaan bangunan yang seperti ini maka perancang dan yang mengkonstruksi ini melibatkan banyak otang yang mungkin ahli di bidangnya. Proyek ini disusun oleh Tim Smith dan dirancang oleh arsitek Nicholas Grimshaw dan perusahaan teknik Anthony Hunt dan Associate. Davis Langdon melaksanakan manajemen proyek, Sir Robert McAlpine dan Alfred McAlpine melakukan pembangunan, MERO dirancang dan dibangun bioma, dan Arup adalah insyinyur layanan, konsultan ekonomi, insyinyur lingkungan dan insyinyur tranportasi.

Bangunan ini dibangun dengan ide yang cukup matang sehingga tata letak juga menjadi perhatian dari pembangunan proyek Eden Project ini. Tata letak bangunan ini yaitu adanya bangunan yang berkelok-kelok dan didukung dengan pemandangan dua bioma yang sangat indah. Terdapat pula ornamen-ornamen yang dibuat untuk mendukung keindahan dan kesan rumah kaca di Eden Project ini yaitu berupa patung-patung yang mencakup patung raksasa lebah dan menjulang robot dibuat dari peralatan listrik tua. Dengan semakin berkembangnya teknologi sehingga di Eden Project ini akhirnya juga dibuat sebuah terobosan baru yang tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata namun juga bisa digunakan dalam fungsi pendidikan. Caranya yaitu dengan menggabungkan ruangan kelas dengan ruangan pameran yang akhirnya dirancang untuk menyampaikan pesan kepada orang banyak tentang hubungan yang alami dan selaras antara manusia dan tanaman dan hal ini disampaikan dalam bentuk kata yang unik.


2. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran

Kali ini kita akan membahas bangunan yang identik dengan penambahan kubah diatas bangunannya yaitu bangunan masjid. Masjid ini berada di Iran yang merupakan salah satu negara Islam di dunia jadi tidak heran jika di negara ini memiliki masjid dengan kubah yang indah. Masjid yang dimaksud ini adalah masjid bernama Masjid Sheikh Lotfollah. Sebenarnya masjid ini dibangun oleh raja Shah Abbas, namun masjid ini diberinama sesuai nama mertuanya karena masjid ini dibangun untuk memperingatinya.

Masjid ini memiliki warna dominan hijau meskipun memiliki motif mozaik tujuh warna yang indah dan berubah-ubah. Dengan kubah indah ini membuat bangunan masjid terlihat lebih anggun dan mewah. Ditambah lagi dengan bahan yang disusun atas batu marmer dan bentuk kaligrafi yang sangat berhubungan dengan bangunan masjid pada umumnya. Masjid ini adalah masjid yang dibangun dengan memakan waktu sekitar 10 tahunan oleh arsitektur Iran yaitu Safawi dan bangunan ini dibangun di Ishafan, Iran dan menjadi salah satu World Heritage Site yang disahkan oleh UNESCO.

Awalnya dalam pembangunan bangunan ini, masjid ini ditujukan sebagai masjid yang berada pada sebuah kerajaan dan bukan untuk umum, sehingga karena alasan tersebut akhirnya masjid ini hanya dibangun dalam ukuran yang lebih keil daripada masjid umum dan tidak memiliki menara tinggi yang sering kita jumpai di masjid lainnya. Namun karena banyak sekali orang yang protes mengenai bangunan masjid ini, akhirnya Safawi mengadakan beberapa renovasi agar masjid ini bisa dijamah oleh seluruh umat yang ada di Iran. Dan setelah beberapa usaha yang dilakukan akhirnya bangunan ini resmi dibuka untuk umum.

Tidak hanya sampai disitu, kontroversional akan bangunan Masjid Sheikh Lotofollah ini juga terjadi setelah masjid ini dibuka. Karena keindahan arsitektur dan kubahnya membuat masjid ini langsung terkenal ke seluruh Iran. Jika Anda masuk ke dalam masjid ini, maka kesan yang akan Anda temukan adalah keindahan, lantai atau ubin dari masjid ini teruat dari marmer pilihan sedangkan arsitektur bagian atas masjid ini terdiri dari marmer tujuh warna dan juga seni hiasan kaligrafi di dinding masjid ini mengalahkan semua kaligrafi masjid yang ada di dunia Islam. Tidak hanya dari segi dalam masjid yang indah, namun yang membuat masjid ini terlihat lebih unik adalah dari sisi kubah pusatnya. Di kubahnya ini terdapat merak. Jika Anda berdiri di depan pintu gerbang dan melihat pusat kubah akan terlihat burung merak yang ekornya adalah berupa sinar matahari yang datang dari lubang di langit-langit. Dengan hal ini tentunya sudah lengkap sudah keindahan dari masjid ini dan bukan langkah yang salah untuk membuka masjid ini untuk umum.


3. Reichstag, Jerman

Gedung Parlemen di Jerman juga ternyata dibangun dengan keunikan sendiri dengan gedung parlemen lainnya. Gedung bernama Reichstag uang terletak di Jerman ini memiliki kubah yang dibentuk dari kaca yang transparan dengan warna yang lebih condong ke biru kehijauan. Gedung ini kini menjadi salah satu tujuan wisata wisatawan yang ada di Jerman karena di bangunan ini kita bisa melihat keindahan kota Berlin secara keseluruhan dari atas yaitu dari kubah ini. Dengan perpaduan yang sangat baik ini membuat bangunan ini terlihat megah dengan kubah yang indah. Bangunan ini adalah bangunan yang sangat bersejarah di Berlin, Jerman dan awalnya bangunan ini adalah bangunan yang dijadikan sebagai rumah Diet Imperial dari Kekaisaran Jerman.


Bangunan ini didirakan pada tahun 1844 dan pernah mengalami kebakaran hebat pada tahun Perang Dunia ke 2. Namun karena bangunan ini adalah salah satu bangunan yang berfugsi di Jerman, akhirnya pada tahun 1960 dilakukan beberapa renovasi untuk membentuk ulang bangunan Reichstag ini. Dan sejak bangunan ini direnovasi bangunan ini beralih menjadi bangunan sebagai tempat parlemen di Jerman dan membuatnya menjadi salah satu bangunan penting di Berlin ini.


4. Taj Mahal, India

Siapa yang tidak kenal dengan bangunan yang satu ini? Ya, bangunan yang sangat terkenal dengan kemegahannya adalah Taj Mahal yang terletak di India serta hingga kini masih dijadikan sebagai objek wisata yang harus dikunjugi pada saat berada di India. Bangunan ini merupakan bangunan yang juga terdapat kubah indah di atasnya, meskipun kubah ini hanya berbentuk kecil kerucut diatasnya, namun hal ini justru membuat bangunan ini terlihat megah. Dalam bahasa Arab, arti kata Taj Mahal ini adalah mahkota istana, dan bangunan ini adalah bangunan yang berupa makam yang terbuat dari marmer putih yang terletak di Agra, India.


Bangunan Taj Mahal ini tidak hanya sekedar memiliki bentuk kubah yang indah, namun juga sejarah yang terkandung di dalamnya merupakan hal yang juga menarik untuk dibahas. Dikatakan bahwa bangunan megah ini dibuat oleh seorang Kaisar India pada saat itu bernama Mughal Kaisar Shah Jahan yang mempersembahkan bangunan ini kepada istri ketiganya. Ketika itu Kaisar Mughal ini sangat terpukul ketika mengetahui istri ketiganya yaitu Mumtaz Mahal yang merupakan putri Persia meninggal ketika melahirkan anak ke-14 mereka. Karena dasar cinta yang tulus kepada istri ketiganya ini akhirnya Kaisar Mughal mendirikan pemakaman khusus sang istri yang terbuat dari marmer dengan gaya bangunan yang sangat indah.

Tentunya dalam membuat dan mendapatkan inspirasi untuk membangun bangunan persembahan kepada istrinya ini, Kaisar Mughal banyak mempelajari beberapa bangunan makam yang terkenal di sekitar daerah Islam dan Persia untuk membentuk bangunan yang memorial dan berkesan bagi sang Kaisar dan bisa digunakan untuk mengenang istri yang paling dicintainya. Gaya arsitektur dari bangunan yang merupakan makam ini merupakan campuran dari gaya Islam, Persia, Ottoman, Turki dan India sehingga dengan adanya perpaduan tersebut, bangunan ini dianggap sebagai bangunan yang disebut permata seni Muslim di India dan salah satu bangunan yang dikagumi di India bahkan UNESCO menjadikan bangunan ini sebagai salah satu keajaiban dunia.

Dalam pembangunan Taj Mahal ini tentunya juga banyak melibatkan arsitektur terkenal dan juga beberapa pekerja serta menghabiskan waktu yang lama. Ditambah lagi dengan kubahnya yang indah, terdapat taman-taman di depan bangunan ini sehingga mungkin Anda akan takjub dengan bangunan ini. Jika diamati dengan seksama bangunan ini adalah bangunan yang didirikan menyerupai makam-makam yang ada di Persia dengan marmer putih yang berdiri di sebuah alas persegi yang terdiri dari bangunan simetris dengan pintu lengkung. Namun tetap saja dari keseluruhan gaya arsitektur dari bangunan ini, yang paling membuat spektakuler adalah kubahnya yang megah. Tingginya sekitar 35 meter yaitu 115 kaki dan karena bentuknya yang unik ini, kubah ini sering disebut sebagai kubah bawang atau jambu biji kubah.

Bagian atas kubah ini juga ada hiasan lotus yang menonjolkan ketinggiannya. Bentuk kubah ini ditekan dengan bentuk empat kubah kecil yang ditempatkan di ujung-ujungnya yang bentuknya juga menirukan kubah besar utamanya. Tidak hanya kubahnya juga, namun ada menara yang dengan dekoratif tinggi membentang dari tepi dinding dasar yang bisa memberikan penekanan visual adanya ketinggian bangunan ini.

Baca Juga :
5 Tepat shoping termahal dan terkeren di dunia

10 Tempat pengujian nuklir di dunia

loading...