loading...

Waspada. .! Ternyata Asap Rokok Bisa Menyebabkan Kebutaan

loading...

"Merokok dapat menyebakan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin". Itulah label yang ada dalam bungkus rokok pada masa dulu. Kemudian akhir-akhir ini yang sangat trend dalam papan reklame dan iklan-iklan yang ada dalam televisi menjadi "Merokok membunuhmu".

Sungguh begitu besar efek dari merokok bagi kesehatan manusia. Selain merugikan diri sendiri asap rokok sangat menggangu dan membahayakan orang lain, terutama perokok pasif. Mereka yang tidak merokok juga harus menanggung beban yang seharusnya tidak mereka rasakan.

Nah, Ternyata ada satu fakta lagi bahwa asap rokok bisa menyebabkan kebutaan. Bagaimana menurut anda? Simak selengakapnya:

Menurut Elvioza, dokter mata sekaligus Kepala Divisi Vitreoretina, rokok dapat menyebabkan penyakit degenerasi makula tipe basah pada seseorang berusia di atas 50 tahun.

Itu merupakan gangguan yang disebabkan pertumbuhan pembuluh darah tidak normal, sehingga rapuh dan mudah pecah. Darah serta cairan pun mengalir ke retina. Akibatnya: distorsi penglihatan.

Jika tidak diobati, dalam jangka dua tahun akan mengakibatkan kebutaan.

Rokok punya andil dalam penyakit degenerasi makula tipe basah, karena asapnya mampu masuk ke dalam pembuluh darah melalui hirupan, lalu merusak sel retina.

Elvioza menjelaskan, dampak itu tidak hanya dialami oleh perokok aktif. Perokok pasif pun menerima imbasnya. Bahkan lanjutnya, reaksi untuk perokok pasif lebih berat. Sebab, tubuhnya tidak siap dengan asap rokok, dan daya tahannya lebih lemah.



loading...